Manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, HMJ Perbankan Syariah Gelar Bakti Sosial

  • 13 Februari 2019
  • 08:21 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sejatinya pengabdian tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa semata sebagai pengimplementasian poin Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat juga selayaknya mampu menjadi penyadar bagi mahasiswa sebagai insan cendekia bahwa "status mahasiswa" pada dasarnya bukan hanya tentang melaksanakan aktivitas akademik yang sifatnya formalitas belaka, melainkan mahasiswa sebagai insan akademis yang telah digembleng di dalam Kawah Candradimuka bernama "kampus" juga mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat melalui pengejewantahan teori-teori yang telah mereka peroleh di dunia kampus.

Berangkat dari latar belakang di atas, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah sebagai lembaga kemahasiswaan yang menjadi "rumah" bagi berkumpulnya insan akademis yang ada di Jurusan Perbankan Syariah secara konsisten melaksanakan kegiatan bakti sosial tiap tahunnya. Kegiatan bakti sosial ini diharapkan mampu mendidik mahasiswa agar mampu mengenal serta mengerti permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, selama pelaksanaan kegiatan peserta dilarang menggunakan perangkat elektronik yang mereka miliki (no gadget) agar mereka mampu berbaur dengan masyarakat.

Bakti sosial tahun 2018 kali ini dilaksanakan pada hari Ahad-Sabtu, 7-13 Oktober 2018 dengan mengambil lokasi di Dusun Malenteng, Desa erelembang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa dengan mengangkat tema "Suatu Langkah Kecil dengan Kepedulian yang Besar". Kegiatan bakti sosial ini dibuka pada hari Minggu, 8 Oktober 2018 oleh Kepala Desa Erelembang dan dilanjutkan Dialog Desa dengan topik bahasan "Zakat Pertanian". Topik ini panitia pelaksana angkat setelah melakukan pengamatan sebelumnya bahwa mayoritas masyarakat di sana bermatapencaharian sebagai petani.  Kegiatan bakti sosial ini dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan positif dan bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat seperti mengajar di sekolah dasar, gerakan hidup sehat, penyuluhan pertanian (bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Gowa), pengadaan tempat sampah, penyuluhan kesehatan masyarakat (bekerja sama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan), lomba takraw antar dusun, dan festival anak sekolah.

Kegiatan bakti sosial ini ditutup pada hari Jumat, 12 Oktober 2018 dengan acara ramah tamah yang dirangkaikan dengan makan bersama, persembahan seni dari mahasiswa Perbankan Syariah, dan penampilan-penampilan dari siswa sekolah dasar yang telah dididik. Dalam sambutannya tokoh masyarakat setempat menyampaikan terima kasihnya kepada HMJ Perbankan Syariah yang telah melaksanakan kegiatan bakti sosial ini di desa mereka. Apalagi kegiatan kemahasiswaan yang bernilai positif seperti ini sangat jarang dilakukan di desa mereka, mengingat lokasi desa yang terisolir dari jalan poros. Rasa yang sama juga dirasakan oleh peserta kegiatan bakti sosial bahwasanya selama pelaksanaan kegiatan ini mereka memperoleh pengalaman yang sangat berharga yang mungkin tidak akan diperoleh di jenjang pendidikan formal manapun. (~AAA~)