Perbankan Syariah adakan Webinar Peluang Dan Tantangan Bisnis E-Commerce di Era Industrial 4.0 bekerjasama dengan Shopee Indonesia

  • 08 Juli 2021
  • 06:13 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kamis, 8 Juli 2021 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar bekerjasama dengan Shopee Indonesia menyelenggarakan kegiatan Webinar dengan tema “Peluang dan Tantangan Bisnis E-Commerce”, dalam kegiatan ini pihak juga menghadirkan salah satu perusahaan e-commerce terkemuka yaitu shopee Indonesia. Dalam kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten, narasumber pertama oleh Bapak Dr. Amiruddin K, yang menyampaikan materi tentang Bisnis Islam dengan e-commerce. Kemudian dari pihak Shopee dibawakan oleh bapak Muhammad Fazri selaku SME Development, menyampaikan tentang bisnis e-commerce di Indonesia, dan strategi kegiatan jual beli melalui aplikasi marketplace yang saat ini berkembang.

Kegiatan webinar ini, sebagai bentuk respon dari pihak jurusan perbankan syariah atas perkembangan kegiatan ekonomi melalui digital. Kemajuan bisnis berbasiskan digital terus mengalami pertumbuhan, sehingga perlu ada pembekalan bagi kalangan mahasiswa untuk bisa meningkatkan skill dalam perkembangan kegiatan ekonomi dengan memafaatkan layanan digital. Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan mengenal proses untuk mempromosikan produk yang dimilikinya melalui marketplace. Kegiatan bisnis melalui digital saat ini tidak dapat dihindari, mengingat kebanyak orang dapat bertransaksi dengan mudah, melalui aplikasi tertentu.

Dari narasumber pertama menyampaikan bahwa kegiatan bisnis ekonomi dengan digital, sehingga perlu ditinjau dari segi ajaran Islam. Aspek hukum yang sesuai dengan transaksi digital kesesuaian dengan prinsip syariah. pada dasarnya kegiatan jual beli merupakan kegiatan mu’amalah yang diperbolehkan selama tidak melanggar aturan-aturan syariah. Termasuk kegiatan jual beli melalui online dengan mekanisme pemesanan, dalam Islam sudah dikenal dengan jual beli dengan akad Salam yaitu jual beli dalam bentuk pemesanan yang pembayarannya diawal.

Dari narasumber kedua menyampaikan tentang bentuk transaksi kegiatan melalui market place yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat tanpa kecuali bagi generasi millennial, yang banyak memanfaatkan handphone. Produk-produk yang dimiliki dapat dijual melalui berbagai media massa, termasuk media sosial dan sarana market place yang ada saat ini. Hal ini akan menjangkau pembeli yang lebih banyak dan produk yang dipasarkan lebih luas, dan sehingga usaha yang dimiliki dapat berkembang lebih baik.

Kegiatan webinar ini mendapat sambutan dan antusias dari para perserta, hal ini terlihat dari sesi tanya jawab yang banyak peserta yang menyampaikan pertanyaan dan direspon oleh para narasumber. Webinar ini dihadiri sebanyak 300an peserta secara online, dan offline. Kegiatan yang dibuka langsung oleh bapak Prof. Abustani Ilyas selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Laporan: Trimulato