TIGA TAHUN BERDIRI, PRODI PERBANKAN SYARIAH FEBI UIN ALAUDDIN MAKASSAR RAIH AKREDITASI B OLEH BAN-PT

  • 19 Juli 2019
  • 02:57 WITA
  • Administrator
  • Berita

Makassar 18 Juli 2019, setelah melalui tahapan assesmen lapangan yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prodi Perbankan Syariah ditetapkan dengan Akreditasi B berdasarkan Nomor SK 2434/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 yang diterbitkan oleh BAN-PT.

Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar Sendiri baru berdiri pada tahun 2015 dan menerima mahasiswa pada tahun 2016 berhasil meraih akreditasi B pada visitasi akreditasi pertama “hasil ini tentu saja tak lepas dari komitmen para dosen, staff, serta pimpinan dalam memberikan pelayan kepada mahasiswa serta kesadaran akan peningkatan mutu SDM oleh seluruh pihak civitas akademika prodi perbankan syariah” tutur Amiruddin selaku ketua prodi jurusan Perbankan Syariah.

Sebelumnya Dr. Amiruddin dan tim melakukan presentasi tujuh standar akreditasi dihadapan tim  Asessor BAN-PT Keseluruhan dokumen tersebut menggunakan tujuh standarisasi, diantaranya adalah: 1. Visi, misi, tujuan dan strategi pencapaiannya; 2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pemeliharaan dan penjaminan mutu; 3.Mahasiswa dan lulusan; 4.Sumber daya manusia; 5.Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; 6.Pembiayaan, sarana dan prasarana, dan sistem informasi; 7.Penelitian, pelayanan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

“Hasil ini akan semakin menjadi motivasi bagi kami agar dapat memberi pelayanan yang lebih baik lagi bagi seluruh mahasiswa dan pengguna lulusan Prodi Perbankan Syariah kedepannya, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim penyusun borang, pimpinan Fakultas dan Pimpinan UIN Alauddin Makassar serta Tim Pendamping Akreditasi UIN Alauddin, LPM UIN Alauddin Makassar yang senantiasa mendampingi kami sampai dengan Asesmen lapangan oleh BAN-PT” Ujar Ismawati yang merupakan Sekretaris Jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar.

Dengan diraihnya hasil Akreditasi B sebagai akreditasi pertama sebelum adanya alumni ini dapat meningkatkan daya saing lulusan Prodi Perbankan Syariah pada pasar tenaga kerja mengingat secara institusi Sendiri UIN Alauddin Makassar telah terlebih dahulu meraih Akreditasi dengan peringkat A pada akhir tahun 2018.