DOSEN DAN STAF JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN ALAUDDIN MENGIKUTI SOSIALISASI PELAPORAN SPT OLEH DJP SULSELBARTRA

  • 02 Maret 2023
  • 08:19 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dosen dan Staf Jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar mengikuti sosialisasi pelaporan SPT tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) SulSelBarTra bekerjasama dengan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di ruang senat lt. 2 Gedung FEBI Kampus II UIN Alauddin Makassar, Kamis, (02/03/2023).

Selain diikuti oleh Dosen dan Staf Jurusan Perbankan Syariah, kegiatan ini diikuti juga oleh segenap civitas akademika FEBI. Hadir membuka acara, Wakil Dekan II FEBI, Dr. Hj. Rahmawati Muin, S.Ag., M.Ag. menyampaikan pentingnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan.

‘’Kegiatan ini sangat penting untuk kita laksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada para dosen dan pegawai untuk dapat mengisi e-SPT secara mandiri, sehingga sebagai warga negara yang baik, diharapkan semua dosen dan tenaga kependidikan tidak lupa untuk melaporkan  e-filling SPT untuk periode 2022.’’ Harapnya.

Usai dibuka oleh Wadek II, dilanjutkan dengan sosialisasi oleh penyuluh dari Kanwil DJP SulSelBarTra, Bapak Dewa Putu Satria Wibawa dan bapak Hasbullah Ahiri yang dalam pemaparannya menjelaskan tentang pentingnya pelaporan e-filling SPT, pemuktahiran NPWP ke NIK, dan bagaimana cara untuk melaporkan di e-filling SPT Tahunan secara mandiri.

Setelah sesi pemaparan materi, pihak DJP SulSelBarTra secara langsung mendampingi pengisian dan pelaporan e-SPT dan memberikan pelatihan kepada para relawan pajak periode 2023 dalam membantu civitas akademika di UIN Alauddin Makassar untuk melaporakan SPTnya. Relawan Pajak adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh DJP dengan menjaring mahasiswa/i untuk dilatih menjadi relawan sebagai perpanjangan tangan DJP di kampus untuk meningkatkan kesadaran pajak termasuk kegiatan mendampingi wajib pajak dalam melaporkan SPT nya. Diharapkan keberadaan Relawan Pajak UIN Alauddin Makassar ini dapat membantu Civitas UIN Alauddin Makassar dapat melaporkan E-filing SPT Tahunan tepat waktu.

Sebagai informasi, bagi yang belum mengisi e-SPT bisa mengunjungi Tax Center UIN Alauddin Makassar yang terletak di lt.1 gedung FEBI di samping Prodi Akuntansi. Di sana, pengisian e-SPT akan dibantu oleh para relawan pajak.

Penulis: Supriadi