Tujuh Kegiatan Pengabdian Masyarakat Jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar Terpublikasi pada Jurnal

  • 27 Maret 2023
  • 06:11 WITA
  • Administrator
  • Berita

Tridharma perguruan tinggi yang terdiri dari Pendidikan (pengajaran), Penelitian (Riset), dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), menjadi kegiatan utama dalam perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan. Jurusan perbankan syariah merupakan salah satu jurusan yang berada dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, berupaya untuk melaksanakan tridharma semaksimal mungkin dengan berbagai kegiatan yang dapat menunjang kegiatakan akademi. Salah satu upaya menghadirkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang selaras dengan jurusan yang kemudian kegiatan terjun langsung berinteraksi dengan masyarkat luas. dengan menyadari bahwa untuk sektor keuangan syariah tingkat pengetahuan dan literasi masyarakat yang masih rendah. Hal ini terlihat diantaranya dengan pangsa pasar bank syariah yang masih berada diangka 7 %. Peran dari seluruh pihak untuk mendukung perkembangan sektor tersebut, termasuk agar masyarakat terus meningkat literasi terhadap keuangan syariah. Jurusan perbankan syariah UIN Alauddin Makassar berupaya mengambil peran untuk pengembangannya selain melalui kegiatan pengajaran dalam kelas, riset yang aktif, dan juga terlaksana denga berbagai kegiatan PKM yang rutin dilaksanakan. Kegiatan PKM yang dilaksanakan tidak hanya di kota Makassar melainkan juga diberbagai kabupaten yang ada d Sulawesi Selatan. Setiap semesternya selalui dijadwalkan untuk melaksanakan PKM dengan beberapa bentuk kegiatan, agar dapat dilaksankan dengan baik. PKM selain melibatkan pihak kampus juga kepada masyarakat luas, dan biasa pemerintah setempat, termasuk dalam hal perizinan untuk pelaksanaan kegiatan. Setiap kegiatan PKM selain melibatkan para dosen, juga melibatkan mahasiswa untuk pelaksanaan kegiatan PKM. Sudah banyak kegiatan PKM yang terlaksana di berbagai tempat, dengan berbagai jenis kegiata. Setiap kegiatan dijadwalkan, dilaksanakan, kemudian dievaluasi, dan kemudian disampikan dalam bentuk laporan kegiatan. Tidak hanya ingin sampai pada laporan saja untuk keperluan LPJ, jurusan perbankan syariah meningkatkan agar setiap kegiatan dapat terpublikasi secara luas, salah satunya pada jurnal nasional, agar dapat dibaca oleh masyarakat luas untuk kegiatan PKM yang telah dilaksanakan. Pihak jurusan menyadari jika masih banyak kegiatan PKM yang belum sempat dituangkan atau dipublikasi dalam bentuk jurnal, kedepannya akan diupayakan bahwa salah satu luaran PKM itu diantaranya jurnal.

Saat ini sudah banyak dan mudah ditemukan jurnal-jurnal yang khusus mempublikasi hasil luaran khusus kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Biasa disebut dengan jurnal PKM, baik yang terdapat didalam kampus, maupun diluar kampus. Dengan tingkat dan level akreditasi masing-masing yang tersedia yang disesuaikan dengan kubutuhan dan keinginan pada jurnal mana artikel PKM ingin dipublikasikan. Saat ini ada tujuh kegiatan PKM yang telah dilaksanakan oleh jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar terpublikasi di Jurnal Nasional. Masih terbilang sedikit atau belum mengakomodir seluruh kegiatan PKM yang telah dilaksanakan. Publikasi kegiatan PKM ini tersebar dibeberapa jurnal di luar kampus, yang mulai dipublikasi sejak tahun 2020 sampai dengan tahun 2023. Kedepannya diharapkan kegiat KPM dapat terpublikasi di jurnal nasional dengan tingkat sinta yang lebih baik. Adapun tujuh kegiatan PKM jurusan perbankan syariah yang terpublikasi di jurnal yaitu;

1) Pelatihan Usaha Desa Melalui Pengolahan Ikan Katombo Di Desa Aeng Batu-Batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan Pada Jurnal Abdima Universitas Wahid Hasyim Semarang 2020.

2) Sosialisasi Pentingnya Zakat Di Lingkungan Bontoparang Kelurahan Bontokadatto Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan Pada Jurnal Abdima Universitas Wahid Hasyim Semarang 2020.

3) Membangun Kreativitas dan Literasi Keuangan di Masa Pandemi Covid-19, pada Jurnal Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, Penerbit Widina Bandung 2021.

4) Membangun Spirit Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Layanan Digital Keuangan Syariah, pada Jurnal Litera Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Purwokerto 2022.

5) Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Bagi UMKM Binaan Lapak Berkah Lembaga IZI Makassar pada Jurnal Medani Jurnal Pengabdian Masyarakat Medan 2022.

6) <!--[endif]-->Sosialisasi Keuangan Syariah dan UMKM Halal Berbasis Masjid di Desa Ereng Ereng Kabupaten Bantaeng pada Jurnal Cendikia Universitas Islam Kadiri, Kediri Jawa Timur 2022.

7) <!--[endif]-->Sosialisasi Peran Ekonomi Syariah Terhadap Dampak Ekonomi di Masa Pendemi Covid-19, pada PMSDU: Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul Riau 2023.

 

Penulis: Trimulato, SEI.,MSI