Jurusan
Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar,
gelar program ‘’Gerakan Menabung Serentak di Bank Syariah’’ mulai tanggal 24
hingga 30 Oktober 2022. Program ini diperuntukkan bagi civitas akademika UIN Alauddin
Makassar pada umumnya dan civitas akademika Jurusan Perbankan Syariah khususnya.
Dalam
rangka mendukung program tersebut, Jurusan Perbankan Syariah menghadirkan A.
Reza Pahlepi Septian M selaku Funding and Transactional Staff BSI KC. Makassar
Veteran sebagai narasumber dalam kegiatan ‘’Soft Skill Training’’ yang bertajuk
‘’ Marketing Produk Perbankan Syariah’’. Kegiatan ini digelar secara hybrid,
offline di Ruang Seminar Lantai 2 FEBI UIN Alauddin dan online via Zoom Meeting,
Jum’at (21/10/2022).
Kegiatan pelatihan
soft skill ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Perbankan Syariah UIN Alauddin
Makassar, Ismawati, S.E., M.Si., dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa
kegiatan ini digelar sebagai rangkaian dari kegiatan Milad Jurusan Perbankan
Syariah yang ke-7.
‘’Milad Jurusan
Perbankan Syariah kali ini kita programkan ‘’Gerakan Menabung Serentak di Bank
Syariah’’, nah untuk mendukung program ini, maka kita mengundang bapak A. Reza
dari BSI hari ini untuk memberikan pemahaman terkait produk-produk perbankan
syariah khusunya produk Bank Syariah Indonesia (BSI), jadi nantinya semua
anak-anakku jurusan perbankan syariah, wajib memiliki tabungan atau membuka
rekening di Bank Syariah sebagai implementasi dari teori-teori yang kalian
dapatkan di kelas-kelas. Selain itu anak-anakku juga akan diberikan tugas untuk
memasarkan produk-produk yang ada di bank syariah kepada civitas akademika UIN Alauddin,
oleh karena itu silahkan disimak dengan baik materi yang akan disampaikan oleh
narasumber terkait produk-produk bank syariah dan juga nanti kalian akan
mendapatkan pendalaman ilmu marketing dari praktisinya langsung, meskipun saya
tidak meragukan ilmu marketing yang didapatkan dari dosen-dosennya dalam
perkuliahan, tapi akan lebih mantap kalau kita hari ini merefresh kembali
pengetahuan itu’’ Ungkapnya.
Dra. Hj. Nuraeni
Gani, M.M. selaku Ketua Panitia yang juga dosen jurusan Perbankan Syariah
menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa
perbankan syariah.
‘’Begitu
pentingnya memahami ilmu marketing dan mengenal produk-produk bank syariah sebelum
memasarkannya, maka dari itu saya berharap untuk menyimak baik-baik materi yang
akan disampaikan oleh bapak A. Reza selaku praktisi dari BSI, dan ini juga akan
menjadi bekal nanti bagi anak-anakku ketika ingin berkiprah sebagai praktisi perbankan
syariah’’ Harapnya.
Kegiatan
ini dipandu oleh Supriadi, S.E.I., M.E.I. yang merupakan dosen jurusan Perbankan
Syariah, sebelum mempersilahkan kepada narasumber untuk menyampaikan materinya,
ia menyampaikan fenomena yang terjadi di kalangan mahasiswa.
‘’Berdasarkan
survei yang dilakukan di kelas-kelas, masih banyaknya mahasiswa perbankan
syariah yang belum memiliki rekening tabungan di bank syariah, untuk itu perlu
ada kemudahan akses bagi mahasiswa jurusan perbankan syariah dalam membuka
rekening tabungan di BSI, untuk kemudian mereka lebih memahami produk-produk di
bank syariah sebelum memasarkan nantinya’’ Ungkapnya.
Sementara itu,
A. Reza menyampaikan dalam materinya terkait produk-produk yang ada di BSI.
‘’Produk tabungan
yang ada di BSI itu sangat bervariasi, sesuai kebutuhan calon nasabah, tapi
untuk kalangan mahasiswa, produk tabungan yang paling cocok itu tabungan easy
wadiah. Nah apa itu tabungan easy wadiah? Yaitu tabungan dengan akad
syariah skema titipan. Keunggulannya adalah bebas biaya admin bulanan, bebas
biaya tarik tunai di ATM BSI dan ATM Mandiri, bebas biaya transaksi di seluruh EDC
Mandiri, seluruh EDC Bank di Indonesia, dan EDC berjaringan Prima, kemudahan
transaksi dengan mobile dan net banking, dan dapat dibuka secara online’’
Ungkapnya.
Diakhir presentasinya,
ia menyampaikan juga terkait pentingnya ilmu marketing yang harus dipahami oleh
mahasiswa sebelum nantinya terjun ke lapangan untuk bertugas memasarkan produk
bank syariah.
‘’Apa saja
yang perlu dipahami dalam ilmu marketing sebelum kita memasarkan produk, nah di
anataranya; memahami dengan baik tentang produk yang akan dipasarkan, menentukan
market share, memahami bagaiman ilmu berkomunikasi yang baik dengan calon
nasabah, menentukan target penjualan dan intinya harus percaya diri’’ Tegasnya.
Setelah selesai
pemaparan materi, dilanjutkan dengan diskusi, saking antusiasnya peserta
sehingga tidak semua peserta yang mau mengajukan pertanyaan atau tanggapan
mendapatkan kesempatan, karena keterbatasan waktu.
Kegiatan ini, selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa perbankan syariah, juga dihadiri oleh seluruh dosen perbankan syariah.
Penulis: Supriadi