Prodi Perbankan Syariah Sukses Adakan Seminar Internasional Bertema On Sustainability and Sharia Banking di AULA FEBI

  • 24 September 2024
  • 04:30 WITA
  • Admin
  • Berita

Makassar, 23 September 2024 – Program Studi Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar sukses menggelar Seminar Internasional bertema "On Sustainability and Sharia Banking" di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pada hari Senin, 23 September 2024. Acara ini menghadirkan pembicara utama Prof. Dr. Peter John Wanner dari Tohoku University, Japan, yang menjelaskan tiga aspek penting dalam menjaga keberlanjutan tingkat kesejahteraan, yaitu jaminan kesehatan, dana pensiun, dan ekonomi moneter Islam.

Seminar internasional ini disambut dengan antusias oleh seluruh civitas akademika FEBI. Dekan FEBI, Dr. Amiruddin K., M.E.I., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap perkembangan perbankan syariah yang terus tumbuh dengan skala internasional. "Perbankan syariah sudah tumbuh dengan berbasis internasional," ungkap Dr. Amiruddin. Ia juga menegaskan pentingnya seminar semacam ini dalam mendorong inovasi dan perkembangan ekonomi syariah yang berkelanjutan.

Ketua Jurusan Perbankan Syariah, Dr. Ismawati, S.E., M.Si., menekankan bahwa keunggulan suatu lembaga pendidikan tidak hanya ditentukan oleh aspek pengajaran, tetapi juga oleh penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerja sama yang berorientasi internasional. "Jika kita ingin unggul, seluruh aspek tridharma perguruan tinggi harus berbasis internasional," tutur Dr. Ismawati dalam sambutannya.

Seminar ini dimoderatori oleh Asyraf Mustamin, S.Pd., M.E., yang memandu jalannya diskusi dengan lancar. Kehadiran Prof. Dr. Peter John Wanner sebagai pembicara pertama memberikan pandangan baru tentang hubungan antara keberlanjutan dan perbankan syariah, yang diharapkan dapat menjadi landasan penting bagi pengembangan ekonomi syariah yang lebih kuat.

Selain itu, seminar ini juga menjadi ajang bagi para akademisi, mahasiswa, dan praktisi perbankan syariah untuk saling bertukar pikiran mengenai isu-isu terkini yang berkaitan dengan ekonomi Islam dan keberlanjutan.

Hadir dalam acara tersebut, selain Dekan FEBI, yaitu Wakil Dekan I Dr. Rahman Ambo Masse, Lc., M.Ag., Ketua Jurusan Perbankan Syariah Dr. Ismawati, S.E., M.Si., serta Sekretaris Jurusan Perbankan Syariah Dr. Supriadi, S.E.I., M.E.I.. Seminar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kurikulum serta peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan FEBI UIN Alauddin Makassar, terutama dalam perspektif internasional dan keberlanjutan ekonomi syariah.