Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam Gelar Kuliah Umum

  • 12 Februari 2019
  • 07:20 WITA
  • Administrator
  • Berita

Samata, Kab.Gowa - Jurusan Perbankan Syariah mengadakan kegiatan Kuliah Umum di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar (Uinam), Selasa, 25 September 2018.

Kuliah umum tersebut mengangkat tema “mengubah perilaku konsumen melalui literasi dan inklusi keuangan syariah” yang mana dihadiri oleh sekitar 350 peserta yang berdatangan sejak pukul 08.00 wita. Peserta terlihat antusias mengikuti rangkaian kuliah umum tersebut.

Kegiatan tersebut mendatangkan Muhammad Rizky Rizaldy, selaku Peneliti Ekonomi Syariah di Universitas Gunadarma dan juga didampingi oleh Dr Alim Syariati selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Menurut Dr. Amiruddin selaku Ketua Panitia dan sekaligus Ketua Jurusan Perbankan Syariah Uinam, mengatakan bahwa kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman tentang pengaruh literasi dan inklusi keuangan syariah dalam mengubah pola perilaku konsumen jasa keuangan di Indonesia.

“Kuliah umum ini memiliki tujuan salah satunya untuk memberikan pemahaman tentang pengaruh literasi dan inklusi keuangan syariah dalam mengubah perilaku konsumen, kepada mahasiswa yang hadir untuk membuka wawasannya sedangkan civitas akademika jurusan perbankan syariah untuk memberikan stimulus melakukan riset,” ucapnya.

Muhammad Rizky Rizaldy yang juga merupakan Sekertaris Umum di MPP Korps Alumni FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) memaparkan bahwa negara di dunia yang telah berhasil menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan religius yakni Turki dan Malaysia.

“Dan apabila Indonesia ingin menjadikan ekonomi syariah sebagai determinan atau dominasi pertumbuhan Ekonomi, meski diimbangi dengan religius masyarakat Indonensia yang memang mayoritas umat muslim, peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah adalah hal utama,” tuturnya.